belajar website-shannyratman

HIKMAH DARI PERISTIWA LISTRIK MATI SECARA MASSAL DI PULAU JAWA

mati lampu

Hari ini, minggu tgl 4 Agustus 2019, mungkin tidak akan pernah dilupakan oleh masyarakat pada umumnya. Karena adanya peristiwa gangguan jaringan Distribusi Saluran Udara Tengangan Tinggi yang mengakibatnya matinya listrik di hampir seluruh pulau Jawa.

Peristiwa ini mungkin menjadi sebuah pengalaman tersendiri, karena matinya listrik ini berdampak cukup luas dan hampir disemua sektor perekonomian.

Namun, ada sebuah hikmah dari peristiwa ini yang bisa kita petik sebagai sebuah pembelajaran sekaligus untuk merubah masa depan lebih baik lagi.

Dari peristiwa ini, kita bisa mengetahui bersama, bahwa saat ini diseluruh pulau Jawa, kita sangat tergantung terhadap pasokan listrik dari PLN saja.

Baca berita : Kronologi Listrik Padam Massal di Sebagian Besar Pulau Jawa

Dan bila terjadi gangguan, maka akan berdampak seperti hari ini yang terjadi.

Ini menjadi sebuah pertanda, bahwa Pemerintah harus pula mulai memikirkan untuk mencari energi alternatif lain yang bisa membantu bila terjadi masalah seperti ini kembali.

Energi alternatif yang menjadi sumber daya saat ini sangat tergantung terhadap pasokan alam, baik itu batubarau, minyak bumi dan yang lainnya.

Mengapa tidak dipikirkan untuk mencari energy alternatif sebagai pengganti energy yang ada saat ini terutama untuk kebutuhan sumber daya listrik bagi masyarakat.

Indonesia sebagai negara Tropis, memiliki kekayaan alam yang berlimpah, dan belum semuanya bisa dimanfaatkan dengan baik.

Kebutuhan listrik sangat vital bagi semua aspek kehidupan. Karena itu memanfaatkan alam untuk menjadi sumber energy listrik bisa menjadi alternatif pilihannya.

Sudah saatnya kita mulai beralih kepada energy yang lebih mudah didapat dan ramah lingkungan, salah satunya adalah dengan memanfaatkan Sinar Matahari sebagai sumber energy listrik kita semua.

Di negara-negara berkembang lainnya, memanfaatkan sumber energy matahari menjadi energy listrik sudah banyak dilakukan.

Negara seperti, Brazil, Kostarika, mereka sudah memanfaatkan matahari sebagai sumber energy listrik di negaranya.

Bahkan di negara Eropa, seperti Belanda, Perancis, telah pula memanfaatkan tenaga Angin sebagai sumber energy listrik.

Dengan situasi yang terjadi hari ini, seharus kita mulai sadar untuk memanfaatkan potensi alam yang telah diberikan sebagai sebuah sumber energy yang bisa kita gunakan secara meluas.

Indonesia memiliki potensi itu, sebagai negara tropis, dimana matahari selalu bersinar dengan terang dan banyaknya angin yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energy listrik juga.

Bagi masyarakatpun dengan peristiwa ini harus menjadi perhatian, dimana kita harus mempersiapkan energy cadangan bila sesautu saat terjadi pemadaman lisrik secara massal.

Salah satunya yang bisa diterapkan dengan sangat mudah adalah dengan membangun Panel Surya di rumah masing-masing.

Tapi untuk memiliki itu, harus mengeluarkan biaya cukup besar. Hal ini karena peran Pemerintah sendiri belum mendorong investor untuk mau terjun dalam bisnis energy alternatif yang lebih murah untuk masyarakat umum.

Disinilah Pemerintah sudah harus mulai memberikan peluang yang sebesar-besarnya kepada investor untuk mau berinvestasi dalam sektor energy listrik dengan biaya yang lebih murah sehingga bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat pada umumnya.

Apapun itu yang telah terjadi hari ini, sebagai sebuah peringatan buat kita semua, bahwa kita harus mulai mencari alternatif energy listrik yang lebih hemat, murah dan bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat.

#listrikpadammassal #listrikmati #matilampu #terimakasihpln

Leave a Comment

Your email address will not be published.