belajar website-shannyratman

silaturahmi membawa berkah

MENCARI IDE WEBSITE UNTUK MENDATANGKAN TRAFFIC

mengetik

Masih lanjutan dari post sebelumnya tentang mencari ide untuk konten website anda, kali ini kita bahas beberapa ide atau topik lainnya yang bisa menjadi inspirasi dalam membuat konten website anda.

Langsung aja kita mulai yaa….

IDE TOPIK WEBSITE UNTUK MENDATANGKAN TRAFFIC

  1. Mitos vs. Fakta.

Mitos vs Fakta merupakan bentuk konten yang tepat, jika Anda bermaksud meluruskan suatu topik. Konten sejenis ini akan mengusik rasa penasaran pembaca dan mengajak mereka memeriksa kembali apa yang selama ini mereka tahu.

2. Komunitas dan Forum

Informasi tentang suatu kegiatan atau aktifitas yang berkelompok bisa menjadi bahan inspirasi dalam membuat konten website anda.

Komunitas online membantu Anda dan pembaca berjejaring dan mengembangkan blog yang menarik.

3. Pengalaman Pertama melakukan sesuatu

Tentunya yang menjadi bahan ide dalam konten seperti ini adalah pengalaman yang positif yang pernah anda lakukan.

Salah satunya saat kita mengunjungi tempat wisata, kita bisa bercerita pengalaman selama berada ditempat wisata, kesan yang didapat dan berbagai hal menarik yang bisa kita tampilkan.

Tentunya dengan susunan kalimat yang enak dibaca, sehingga bisa mendatangkan pengunjung untuk membaca informasi yang anda sampaikan.

4. Ulasan Jasa atau Layanan

Ada kalanya kita perlu memakai jasa layanan. Entah itu swasta atau urusan di kantor pemerintahan. Mulai dari perbaikan ponsel yang rusak sampai mengurus perpanjangan Surat Ijin Mengemudi.

Karena hal-hal semacam ini tak terhindarkan, ada baiknya supaya Anda membuat ulasan tentang jasa layanan tersebut.

5. Prediksi

Namun, konten berisi prediksi tak melulu berbau klenik. Anda bisa buat prediksi untuk hal-hal populer yang ada di sekitar,seperti prediksi trend fashion, prediksi pertandingan olahraga, dsb.

6. Tantangan

Kalau Anda perhatikan, ada saja tantangan baru yang muncul dan viral setiap bulannya. Mungkin Anda masih ingat Ice Bucket Challenge, Mannequin Challenge, atau Kiki Challenge. Ketiganya adalah tantangan yang cukup viral di internet.

Jika ada punya pengikut yang banyak dan cukup setia, tak ada salahnya meramaikan jagad internet dengan membuat tantangan.

7. Rekomendasi App sesuai Niche

Aplikasi di ponsel pintar membuat segala hal menjadi mudah. Tapi, akan jauh lebih mudah jika Anda bisa merekomendasikan aplikasi yang berguna untuk pembaca. Dengan begini, tak ada lagi cerita membuang waktu untuk sekedar menjajal aplikasi di ponsel.

8. Kuis

Meski begitu, sekali-sekali Anda bisa juga menerapkannya di blog. Buatlah kuis-kuis kepribadian yang unik. Cara ini juga bisa dipakai untuk melihat tipikal pengunjung blog Anda.

9. Tips Produktivitas

Jika Anda memang tipikal blogger yang produktif, ide konten ini cocok untuk Anda tulis. Anda bisa menggabungkan berbagai hal untuk menulis konten ini. Mulai dari statistik, hasil eksperimen, rekomendasi aplikasi, dan pengalaman Anda sendiri.

10. Daftar Kutipan

Coba buat kategori atau kata kunci untuk setiap daftar kutipan yang Anda tampilkan. Dengan begitu, pengunjung akan lebih mudah mencari kutipan yang sesuai dengan fotonya

11. Kesalahan Masa Lalu

Konten ini bisa menjadi daya tarik pengunjung website atau blog anda bila anda dapat menuliskannya dengan gaya bahasa yang menarik serta bisa menjadi pembelajaran bagi yang membacanya.

Konten ini bisa menjadi salah satu ide untuk website anda, dimana anda bisa membuat sebuah pengalaman pribadi yang sudah pernah terjadi dan berharap tidak dilakukan oleh orang lain saat ini.

12. Surat Terbuka

Surat terbuka merupakan ide konten yang menarik. Anda bisa menunjukkan sisi personal Anda dalam mengomentari suatu permasalahan.

Dengan format semacam ini, Anda bisa menjaga nada tulisan Anda tetap hangat. Meski sebetulnya Anda sedang mengkritik atau meminta perhatian seseorang.

13. Kaleidoskop

Kaleidoskop atau rangkuman peristiwa umumnya muncul di akhir tahun. Jika Anda perhatikan, di saat-saat itu pula, konten semacam ini cukup viral.

Anda bisa menduplikasi format serupa untuk blog Anda. Tak perlu terpaku dengan isi konten yang membahas kehidupan artis atau fenomena nasional. Anda bisa saja membuat kaleidoskop tentang pencapaian selama setahun atau hal-hal menarik di komunitas Anda.

14. Podcast

Beberapa plugin podcast di WordPress secara otomatis memasukkan podcast ke dalam aplikasi seperti iTunes, Spotify, Google Play Music, dan direktori berbasis RSS lainnya. Sebuah cara yang patut dipertimbangkan untuk mengenalkan blog Anda ke audiens yang lebih luas.

15. Kesalahpahaman tentang Niche

Meluruskan kesalahpahaman tentang niche-mu mungkin akan lebih efektif. Apalagi jika dibandingkan dengan harus menjelaskan segala sesuatunya dari awal. Karena belum tentu juga pembaca tertarik mengetahui lebih dalam topik yang Anda tulis.

Anda bisa menuliskan kesalahpahaman yang sering muncul dalam satu kalimat. Lalu, membantah pernyataan itu dengan penjelasan. Cara ini membuat tulisan Anda lebih terstruktur dan mudah diingat.

16. Artikel Serial

Contohnya adalah post ini, post ini saya buat secara bersambung, dimana bila anda ingin membaca post ini secara lengkap maka anda harus mengikuti setiap publish post pada waktu yang telah ditentukan.

Dan anda akan membaca post tersebut secara lengkap bila anda membacanya sejak dari pertama kali post tersebut dibuat, atau pada post awal.

17. Konten Premium

Kalau Anda salah satunya, ada baiknya mendedikasikan konten premium untuk pengikut setia Anda. Hanya pengunjung yang berdonasi saja yang bisa membuka konten yang Anda buat. Bentuk kontennya pun bebas. Anda bisa membuat artikel, podcast, memberikan e-book, Facebook grup eksklusif, bahkan membuat satu sesi diskusi online.

18. Balik Layar

Konten ini mungkin sering menjadi perhatian banyak orang. Karena terkadang kita sangat ingin tahu bagaimana sebuah peristiwa atau aktifitas itu dilakukan dalam kesehariannya.

Anda bisa membuat konten tentang perjalanan anda membangun website, kemudian menampilkan ruanga kerja, meja laptop atau apapun yang tidak diketahui sebelumnya oleh pembaca.

Konten seperti ini akan selalu menarik dan menjadi sebuah perhatian karena banyak orang yang tertarik dengan kisah dibalik sebuah proses yang telah dilakukan.

19. Ilustrasi dan Grafis

Sejauh ini ada dua kategori ilustrasi yang umum ditampilkan. Pertama, ilustrasi yang sifatnya dekoratif dan mudah untuk dibagikan. Konten semacam ini biasanya berupa wallpaper atau tipografi. Jenis konten ini juga mudah untuk diunduh dan digunakan secara mandiri Jika Anda memang ingin membuat ilustrasi semacam ini, pastikan Anda membuatnya dalam resolusi yang sesuai dengan layar ponsel dan laptop.

Kedua, merupakan ilustrasi yang hanya ‘sekedar’ dinikmati. Bentuk konten ini banyak dibagikan dan dikomentari karena sifatnya yang kurang fleksibel. Akan tetapi, bukan berarti konten ini tidak bagus. Anda bisa melihat Instagram Oliver Latta untuk mengetahui lebih lanjut konten yang dimaksud.

20. Hal-hal yang bisa dipelajari

Alih-alih menceritakan semua detil dalam tulisan, format ini menggarisbawahi hal-hal penting untuk pembaca. Menuliskan hal-hal yang dipelajari memberikan kebebasan untuk Anda bercerita momen-momen penting di buku atau film. Dengan kata lain, Anda tak banyak-banyak memberikan spoiler pada pembaca jika mereka belum membaca buku atau menonton filmnya.

Demikianlah beberapa ide tentang konten website yang bisa menjadi inspirasi anda dalam membuat website.

Tentunya tidak semua ide diatas bisa anda laksanakan, tapi paling tidak dari post kali ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi anda dalam mencari ide konten website anda.

Bila anda belum membaca post sebelumnya, silahkan baca post yang berhubungan dengan Ide website ini dari bagian I dan bagian II

Post ini adalah kolaborasi antara Kang Shanny dengan NiagaBlog

Website ini dikembangan dengan Web Builder