belajar website-shannyratman

silaturahmi membawa berkah

Cara mudah membuat website Portofolio

Cara mudah membuat website Portofolio merupakan hal yang harus dikuasai oleh seorang pebisnis agar anda semakin dikenal

Cara mudah membuat website portofolio pada awalnya kurang saya perhatikan secara serius, tapi karena satu dan lain hal, akhirnya saya memaksakan diri untuk bisa membuat website portofolio pertama saya.

Mengapa saya kurang begitu mempelajari cara membuat website portofolio ini, karena saya pikir hal ini tidak jauh berbeda dengan CV atau data diri yang biasa kita buat sebelumnya.

Namun setelah saya mengikuti project di website project.co.id dimana setiap user yang ingin mendapatkan project, wajib menyertakan portofolio yang sudah dibuatnya.

Dari sanalah akhirnya saya memaksakan diri untuk membuat website portofolio saya yang pertama dan berharap bisa menarik minat mereka yang membutuhkan jasa yang saya miliki saat ini.

Baca juga : Optimasi Gambar di WordPress

Secara umum pengertian portofolio itu sendiri adalah Kumpulan dari hasil kerja yang telah dilakukan dan sedang dilakukan bahkan akan dilakukan untuk melihat perkembangan proses pekerjaan dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Jadi secara umum bisa kita artikan pula portofolio adalah sebuah dokumen project untuk diketahui oleh orang lain sehinga bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Sebagai contoh, anda pernah membuat desain untuk sebuah Logo Perusahaan ataupun perorangan.

Maka isi portofolio anda adalah hasil kerja membuat desain logo yang telah anda lakukan.

Dalam portofolio anda bisa mencantumkan hasil kerja anda, menjelaskan cara kerja yang telah anda lakukan dan hasil yang anda peroleh dari kerja project anda tersebut.

Tidak jarang dalam portofolio juga anda dapat mencantumkan pendapat dari client anda dengan hasil project yang telah anda lakukan.

Untuk anda ketahui, bahwa penggunaan portofolio ini sangat penting, terutama bila anda memiliki kemampuan atau keahlian yang bisa anda tawarkan kepada orang lain yang ingin menggunakan jasa anda.

Biasanya perusahaan besar selain melihat CV yang anda buat, juga ingin mengetahui seberapa besar kemampuan dan ketrampilan anda dalam pekerjaan yang anda geluti dengan melihat portofolio yang anda buat.

Karena itu memiliki website portofolio adalah penting, selain agar kemampuan diri anda bisa diketahui oleh orang banyak, juga menjadi peluang agar anda bisa diterima dalam project yang diinginkan oleh perusahaan.

Bagaimana membuat portofolio dengan menggunakan website wordpress anda?

Disini saya akan sedikit berbagi cara membuat portofolio dengan menggunakan wordpress sebagai basic websitenya. Ini dilakukan juga berdasarkan pengalaman pribadi penulis dalam membuat portofolio pertama.

Langkah pertama membuat portofolio, karena kita menggunakan wordpress sebagai basic websitenya, maka seperti biasa anda buat halaman baru di website anda.

Langkah kedua, setelah membuat halaman baru dan publish, maka tinggal edit menggunakan elementor anda.

Langkah ketiga, setelah terbuka halaman editor elementor anda, klik pada logo envanto di editor anda.

envanto elements

Langkah keempat, pilih menu template dan cari template Creative Agency, lalu klik pada pilihannya.

creative agency template

Ada banyak pilihan template yang bisa anda gunakan sesuai untuk kebutuhan, seperti untuk Home, About, Portofolio, Service dan sebagainya.

Silahkan anda klik dan pilih Portofolio

Lalu klik import template. Maka sekarang template yang anda gunakan untuk membuat portofolio telah berada di menu template di dasboard wp anda.

import template

Silahkan buka dasboard wp anda, pilih menu Template dan klik Save Templates

dasboar template

Langkah kelima, selanjutnya anda pilih tempat yang telah anda import tadi di envato pada Saved Templates ini, kemudian anda klik publish.

Maka sekarang halaman about anda sudah muncul di menu page pada dasboar wp anda.

Sampai disini, langkah selanjutnya adalah anda tinggl edit halaman yang telah anda import tadi menggunakan elementor

Dan sebagai contoh portofolio yang telah saya buat, adalah halaman portofolia untuk gudangdigital yang bisa anda lihat hasilnya dengan klik link ini. https://shannyratman.com/about-gudangdigital/

Tips membuat portofolio

  • Pertama, sebaiknya anda membuat portofolio untuk satu project yang telah anda kerjakan.
  • Kedua, jangan dicampurkan antara portofolio dengan CV dalam satu halaman.
  • Ketiga, gunakan foto-foto pendukung yang bisa mewakili project yang anda kerjakan.

Kesimpulan

Berlatihlah membuat halaman portofolio anda secara teratur dan rutin. Buatlah kreasi yang lebih menarik tetapi semua informasi tentang project anda bisa ditampilkan dengan jelas.
Perbaharuan terus protofolio anda agar terlihat selalu update dengan portofolionya.

Semoga dengan postingan kali ini, anda bisa mulai membuat portofolio untuk project anda, sehingga bisa menarik mereka yang membutuhkan jasa anda selama ini.

Selain itu dengan adanya portofolio, merupakan dokumen catatan hasil kerja yang telah anda lakukan agar bisa diketahui oleh orang banyak.

Semoga postingan kali ini bermanfaat untuk anda, dan sukses selalu untuk anda.

donasi

Jangan lupa untuk memberikan donasi untuk perkembangan website ini agar bisa memberikan postingan yang bermanfaat untuk anda semua.