belajar website-shannyratman

Bikin Pengunjung semakin betah dengan Web Story

Banyak orang yang sering menggunakan fitur Stories di media sosial, seperti di Facebook, Instagram atau membuat status di WA Stories. Semua ini adalah satu teknik yang akan memudahkan kita untuk mengenalkan yang kita tawarkan dan membuat orang tertarik dengan yang kita tawarkan dalam sebuah stories.

WordPress sebagai salah satu media pembuat website nomer satu didunia saat ini, juga tidak mau ketinggalan. Para pengembangan wordpress telah berusaha untuk selalu mengikuti perkembangan yang terjadi di kalangan pengguna website pada umumnya.

Sekarang kita juga bisa membuat stories di website wordpress kita dengan sangat mudah. Semua ini dilakukan adalah untuk memberikan nilai lebih bagi pengguna website wordpress di seluruh dunia.

Apa Itu Web Stories?

Web Stories adalah konten berbasis website dengan format story. Fitur ini memungkinkan viewer menjelajahi konten dengan mengetuk (tap) ataupun menggesernya (slide).

Apa Manfaat Web Stories Bagi Pemilik Website?

Saya bisa kasih sedikit penjelasannya seperti ini:

  1. Membuat pengunjung semakin betah di website kita

Layaknya snack, sebagian besar orang butuh konten yang ringan dan cepat dinikmati kapanpun. Stories adalah salah satu solusi terbaiknya.

2. Meningkatkan Traffic Website

Hampir 4 milliar orang di dunia ini pengguna Google dan 61% traffic berasal dari mobile. Bayangkan, betapa luas audiens yang bisa Anda jangkau dengan manfaat Web Stories, ini pastinya bikin website kamu tambah keren kan???

3. Konversi Tinggi

Dengan Website Stories, akan meningkatkan konversi penjualan produk anda. Karena dalam stories kamu bisa pasang tombol CTA sebanyak yang kamu suka. Dengan cara ini pastinya akan meningkatkan konversi penjualan produk bisnis kalian semua.

Bagaimana cara membuat Web Stories?

Web Stories ini sudah teruji menggunakan website wordpress, jadi pastikan website kalian harus berbasis CMS WordPress yaa…..

Install Plugin

Pertama-tama yang harus kamu siapkan adalah dengan memasang plugin webs stories di wordpress kamu. Ada banyak pilihan, salah satunya bisa langsung aja download pluginnya Web Stories

Masuk ke Menu Plugins Melalui Dashboard WordPress

Sekarang, login dulu ke dashboard WordPress Anda. Lalu, masuklah ke Halaman Plugins dengan mengklik Plugins → Add New.

Agar lebih mudah, dalam kolom pencarian tulisan kata kuncinya Web Stories. Maka nanti akan muncul plugin yang akan kita install di wordpress kita.

logo web stories
Web Stories

Setelah Anda download, lalu aktifkan plugin tersebut dengan klik tombol Active

Sekarang plugin Webs Stories sudah terpasang di dasboard WP kamu. Perhatikan pada menu dasboard disebelah kiri, ada muncul menu Stories.

menu stories
Menu Stories

Silahkan Anda klik Menu Stories, dan pilih Add New

Nanti akan muncul halaman web stories yang akan kita gunakan untuk membuat stories di WP

Halaman Web Stories
Halaman Web Stories

Silahkan Klik dan pilih Pada CREATE NEWS STORY

dasboard web story
dasboard web story

Perhatikan pada layar sebelah kiri atar, ada sederatan menu yang bisa kita gunakan untuk membuat story di wp ini.

Image

image

Pada menu Image ini dibawahnya ada 3 submenu lagi yang bisa kalian pilih, yaitu ada Images, Video dan Gifs

Silahkan untuk mengetahuinya, boleh dicoba-coba sendiri dan di klik seperti apa isi dari setiap sub menu itu.

Pada Menu Text, ini adalah template text yang sudah disediakan yang bisa kita gunakan untuk membuat story wp kita. Ada banyak sekali jenis tulisan dan template yang bisa kita pakai. Tinggal ganti saja kalimatnya dengan yang kita inginkan.

menu text

Selanjutnya pada menu Shape, ini adalah Shape yang telah disediakan yang bisa kita pakai untuk membuat story.

shape story

Sekarang saya akan asumsikan Anda untuk mulai membuat story di wordpress.

Pertama-tama yang perlu kita lakukan adalah dengan membuat judul story yang akan kita buat. Silahkan tulisan judul story pada kolom Add Title

judul story
judul story

Setelah membuat Judul Story, maka sekarang anda sudah siap untuk membuat story pertama dengan WP anda.

Caranya, anda tinggal klik pada template yang Anda inginkan. Anda bisa tambahkan gambar dari template yang telah ada disediakan. Tinggal klik saja pada templatenya, maka nanti akan otomatis masuk ke halaman utama story kamu.

Perhatikan pada layar sebelah kanan dari dasboard story ini. Ada 3 pilihan menu yang terdapat pada bagian ini, yaitu Design, Document dan Checklist

Pada menu Design, anda bisa ubah tampilan dan jenis hurufnya sesuai yang anda inginkan. Anda tinggal scroll saja pada bagian bawahnya, sehingga nanti akan muncul menu pilihan untuk edit Text.

Pada telah selesai, anda bisa tambahkan kembali storynya dengan klik tanda Plus (+) yang aida dibagian tengah dibawah tampilan storynya.

Selanjutnya silahkan anda buat kembali story pada halaman kedua sesuai yang anda inginkan.

Saran dari saya, bila anda akan membuat story di WP ini, sebaiknya telah anda siapkan konsepnya terlebih dahulu. Termasuk anda siapkan kalimatnya, bila perlu gambarnya juga telah anda siapkan, dan link untuk tombol CTA juga anda siapkan terlebih dahulu

Bila anda telah selesai membuat story, maka sekarang anda tinggal publish link story anda. Caranya dengan klik tombol Publish pada bagian atas.

Setelah anda klik tombol Publish dan nanti akan ada muncul Popup yang meminta anda untuk membuat story yang telah anda buat itu menjadi sebuah post baru di website anda atau anda bisa abaikan saja.

Bila anda memilih menjadikan New Post, maka hasil story anda akan muncul sebagai post baru di website anda. Tapi bila anda pilih abaikan, maka tidak akan muncul sebagai post baru di websitenya.

Contoh hasil web story yang telah saya buat sebelumnya, bisa anda lihat dengan klik pada link berikut ini : CONTOH WEB STORY

Kesimpulan

Naah sekarang silahkan anda berkreasi membuat story di wordpress anda.

Bila anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut tentang cara membuat story di WP ini, silahkan download saja tutorial ebooknya yang telah saya sediakan agar anda bisa lebih mudah mempelajarinya.

DOWNLOAD TUTORIAL